Rabu, 09 Januari 2013

Pengertian Abstract Windows Toolkit

AWT atau Abstract Window Toolkit adalah salah satu platform-independent Java untuk windowing, graphics, dan user-interface widget toolkit. Saat ini, AWT sudah termasuk ke dalam bagian dari Java Foundation Classes (JFC), yaitu standar API untuk pemrograman Java berbagis GUI. AWT merupakan GUI toolkit untuk beberapa profile Java ME, seperti konfigurasi alat yang terhubung meliputi Java runtimes pada mobile telephone untuk mendukung AWT.
Ketika Java pertama kali dirilis oleh Sun Microsystems pada tahun 1995, komponen AWT memberikan tingkat abstraksi yang tipis yang mendasari interface pengguna. Contohnya, menciptakan checkbox AWT akan menyebabkan pemanggilan langsung subroutine yang mendasari pembuatan checkbox. Program GUI yang ditulis dengan menggunakan AWT tampak seperti aplikasi asli ketika dijalankan pada sistem operasi yang menjalankan aplikasi tersebut.
Arsitektur AWT
AWT menyediakan dua tingkat API, yaitu :
1.   Interface umum antara Java dengan sistem asli, digunakan untuk windowing, layout manager. API ini merupakan inti dari pemrograman Java GUI dan juga digunakan oleh Swing dan Java 2D yang berisi :
a.    Interface antara sistem windowing asli dan aplikasi Java.
b.    Inti dari event  subsistem GUI.
c.    Beberapa layout manager.
d.   Interface untuk perangkat input seperti mouse dan keyboard.
e.    Paket java.awt.datatransfer untuk digunakan dengan clipboard  dan Drag and Drop.
2.   Satu set dasar komponen GUI seperti button, textbox, dan menu juga menyediakan interface dasar AWT, yang memingkinkan librari reader dikompilasi ke kode asli untuk langsung menarik ke AWT canvas permukaan objek gambar.
AWT juga membuat beberapa fungsionalitas tinggi yang tersedia untuk aplikasi, seperti :
a.  Akses ke sistem tray pada sistem pendukung.
b. Kemampuan untuk meluncurkan beberapa fasilitas aplikasi desktop seperti browser web dan klien email dari aplikasi.
Baik AWT ataupun Swing secara inherent aman, karena kode yang meng-update GUI harus dijalankan pada thread event pengirim. Kegagalan untuk mengatasi masalah inni, kelas utilitas bernama SwingWorker memingkinkan aplikasi untuk melakukan tugas-tugas yang memakan waktu mengikuti acara-interaksi pengguna di thread acara pengirim.
Contoh Tampilan Aplikasi Berbasis AWT (Abstract Windows Toolkit):
Tampilan Aplikasi Berbasis AWT di MS Windows
Tampilan Aplikasi Berbasis AWT di GNU/Linux

 

    

AWT (Abstract Windows Toolkit) ini adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman java, sayangnya AWT ini sangat-sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop secara lengkap. Terlepas dari kurangnya komponen GUI yang terdapat pada AWT, aplikasi yang dibangun menggunakan AWT akan tampak seperti aplikasi native. Maksudnya yaitu, jika aplikasi yang dibangun menggunakan AWT ini dijalankan pada Sistem Operasi Windows, maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi Windows pada umunya dan begitu juga jika dijalankan pada Sistem Operasi Mac ataupun GNU/Linux, itu dikarenakan AWT ini benar-benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponennya ke layar.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar